Minggu, 02 November 2014

Hidrograf



Hidrograf adalah kurva yang menggambarkan hubungan antara parameter aliran dan waktu. Hidrograf satuan adalah hidrograf limpasan langsung (direct runoff hydrograph) yang dihasilkan oleh hujan efektif yang merata di seluruh DAS, dengan intensitas tetap dalam periode waktu tertentu. Dalam penggunaannya diasumsikan bahwa :
1)      Hujan yang terjadi merata di seluruh DAS (Daerah Aliran Sungai) dengan intensitas tetap dalam satu satuan waktu yang ditetapkan.
2)      Hujan terjadi kapan pun, tidak berpengaruh terhadap proses transformasi hujan menjadi debit/hidrograf (time invariant).
3)      Debit/hidrograf berbanding lurus dengan hujan, dan berlaku asas superposisi (linier system).
4)      Waktu resesi yaitu waktu saat terjadinya debit puncak sampai akhir limpasan langsung selalu tetap.
Pada tahun 1932, L.K Sherman mengenalkan konsep hidrograf satuan, yang banyak digunakan untuk melakukan transformasi dari hujan menjadi debit aliran. Hidrograf satuan terukur basis data yang dibutuhkan adalah data hujan dan data debit terukur ada sedangkan hidrograf satuan sintetis berupa rumusan empiris dimana data yang dibutuhkan adalah karakteristik DAS dan faktor-faktor lain yang mendukung rumusan empiris tersebut. Ada beberapa macam HSS yang dikembangkan antara lain HSS Snyder, HSS Nakayasu, HSS Gama I dan lain-lain
Hidrograf satuan sintetis Nakayashu dikembangkan berdasarkan beberapa sungai yang ada di Jepang (Soemarto, 1987). Bentuk HSS Nakayashu : 
 
Dengan :
Qp       : debit puncak banjir
A         : luas DAS (km2)
Re        : curah hujan efektif
Tp        : waktu dari permulaan banjir sampai puncak hidrograf (jam)
T0,3       : waktu dari puncak banjir sampai 0,3 kali debit puncak (jam)
tg         : waktu konsentrasi (jam)
Tr         : satuan waktu dari curah hujan (jam)
α          : koefisien karakteristik DAS biasanya diambil 2
L          : panjang sungai utama (km)
Dari persamaan di atas parameter yang dihasilkan akan membentuk hidrograf satuan dengan dengan menggunakan persamaan berikut ini :


Gambar Hidrograf satuan sintetis Nakayashu 
Untuk mendownload contoh analisa dapat di download disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar